UTBK Unram Berjalan Lancar, ini Tanggal Pengumumannya

TITIK MEDIA | Mataram – Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) sekaligus jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021 telah usai pada Sabtu (1/5) lalu. Tahun ini, tercatat 12.114 peserta UTBK-SBMPTN mengambil ujian di Universitas Mataram (Unram).

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unram Agusdin, S.E., M.B.A., D.B.A., Kamis (6/5/2021), mengaku bahwa pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun ini berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti.

“Dibanding tahun sebelumnya, lebih bagus malah tahun ini,” sebut Agusdin.

Hal ini menurut Agusdin, mengingat tahun sebelumnya ditemukan peserta yang melakukan kecurangan, dengan membawa peralatan elektronik yang memungkinkan untuk memfoto, merekam, kemudian menyebarluaskan soal ujian kepada server atau oknum yang terhubung, melalui peralatan elektronik yang digunakan.

“Ada yang kita temukan peserta yang membawa alat-alat (perekam elektronik dan sejenisnya, red) karena sebelumnya tidak ada metaldetector,” katanya.

Doktor Ahli Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unram itu mengatakan, dalam pelaksanaan UTBK Tahun 2021 tidak ditemukan lagi kasus serupa, karena peserta telah melalui pengecekan metal detector sebelum memasuki ruang ujian.

Pun, jumlah peserta yang gagal pada UTBK Tahun 2021, dalam arti peserta yang tidak mengikuti tes karena datang terlambat atau karena sakit, juga relatif berkurang.

“Kalau tidak datang, itu bukan gagal,” ucapnya.

Dijelaskan, terkait kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UTBK adalah 50 persen, penerimaan melalui jalur SNMPTN sebesar 20 persen, dan melalui jalur Mandiri sebesar 30 persen. Artinya, total keseluruhan mahasiswa baru yang akan diterima Unram, di tahun akademik 2021/2022 adalah sebanyak 7.040 orang.

“Pengumuman UTBK rencananya 14 Juni, sesuai dengan yang dijadwalkan LTMPT,” pungkasnya.

Comments

0 comments

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.