Zul-Koster Teken MoU Tandai Kerja Sama NTB-Bali

TITIKMEDIA – Percepatan kemajuan daerah di bidang pariwisata, perhubungan, perindustrian, perikanan dan kelautan serta perdagangan dan koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), menjadi isi Memorandum of Understanding atau MoU kerja sama antara Provinsi NTB dan Provinsi Bali.

Nota kesepahaman kerjasama itu, ditandatangani Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H. Zulkieflimansyah dan Gubernur Bali I Wayan Koster, Rabu (31/4/2021), di Pendopo Gubernur Bali, Komplek Jayasabha, Kota Denpasar, Bali.

Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah mengungkapkan bahwa Wayan Koster adalah sahabat lama, yang pernah bersama-sama mengisi Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, selama tiga periode.

“Kali ini saya datang membawa kepala dinas untuk berbuat konkret, yakni membangun kerja sama, berkolaborasi membangun daerah,” ungkapnya usai penandatanganan MoU.

Ditegaskan, dalam kerja sama tersebut masing-masing daerah tidak lagi berfikir win-lose (mementingkan diri sendiri), melainkan win-win solution.

“Harus saling mengisi dan bekerja sama, saling menguntungkan, bukan saling menjatuhkan,” ucapnya.

Sementara Gubernur Bali I Wayan Koster mengaku, secara alamiah sebenarnya kerja sama telah berlangsung lama, baik secara historis maupun geografis. Menurut Wayan Koster, tuntutan perkembangan zaman tidak memungkinkan untuk berjalan sendiri, sehingga harus ada kolaborasi.

“Inisiatif Gubernur NTB dan Bali di awal ini sesuatu yang sangat baik, dalam rangka percepatan pembangunan di masing-masing daerah, dan mendapatkan manfaat bagi masyarakat,” kata Koster.

“Pada akhirnya, tujuan pemimpin dan pembangunan daerah merupakan kepentingan masyarakat,” imbuhnya.

Menyinggung even MotoGP yang rencananya akan tergelar di Sirkuit Mandalika Lombok, pihaknya akan mendukung khususnya di bidang transportasi dan akomodasi. Pun di bidang pariwisata, bahwa Bali, NTB, dan NTT akan berkolaborasi saling mendukung.

“Supaya pengembangan pariwisata bisa berjalan secara tematik, yang menjadi kekhasan dan potensi masing-masing daerah, jelas butuh kolaborasi. Terlebih NTB sangat banyak spot daerah, yang perlu dikembangkan dan didukung,” tutupnya. (djr)

Comments

0 comments

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.