in

Kakanwil Kemenkumham NTB Buka Rakor Evaluasi dan Strategi Kinerja Internal

Kakanwil Kemenkumham NTB saat melihat capaian dan strategi kinerja peserta rakor

TITIKMEDIA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (5/4/2021), membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi dan Strategi Capaian Kinerja yang berlangsung di Grand Hotel Sumbawa.

Kakanwil Kemenkumham NTB Haris Sukamto, A.K.S., M.H. dalam sambutannya mengungkapkan, rakor tersebut sebagai sarana evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2021, sekaligus sebagai media perencanaan penyusunan strategi capaian kinerja tahun anggaran 2022.

“Selain itu, rakor ini juga sebagai sarana monitoring dan evaluasi, terhadap semua kegiatan di satuan kerja (satker, red) lingkup Kanwil Kemenkumham NTB,” ungkapnya.

Di hadapan peserta rakor yang terdiri dari Pimpinan Tinggi (Pimti) Pratama dan Kepala Satker Kanwil Kemenkumham NTB itu, Haris Sukamto menegaskan bahwa kegiatan rakor menjadi penting guna melihat hasil kinerja triwulan I, untuk menyongsong triwulan selanjutnya.

“Secara umum triwulan pertama sudah memenuhi target, sehingga hal ini bisa menjadi modal awal, karena sudah patuh dan taat terhadap disbursement plan (dokumen rencana penyerapan, red),” tandasnya.

Karenanya, Kakanwil Kemenkumham NTB yang akrab dengan sapaan Haris itu menekankan, agar segenap jajaran Kanwil Kemenkumham NTB mencermati dengan seksama, hasil yang telah dicapai sebelumnya sehingga dapat menentukan strategi dan langkah ke depan.

“Jadi, saya berharap semua jajaran paham benar terhadap dukungan manajemen dan dukungan teknis, serta dapat menyusun program kerja dan rencana kerja, yang sesuai dengan target yang akan dicapai dan rencana kebutuhan pada masing-masing satker,” ujar Haris.

Ia juga mengingatkan bahwa sebagai sumber daya manusia (SDM) Kemenkumham, segenap jajaran harus adaptif dengan perubahan.

“Artinya, dengan melihat pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini, tentunya SDM yang dimiliki Kemenkumham, harus selalu belajar dan adaptif terhadap perubahan-perubahan yang terjadi,” tegasnya.

Kakanwil juga menyampaikan terkait pembangunan Kemenkumham Corporate University (CorpU), yang merupakan rumah belajar manajemen strategis pengembangan SDM, yang fokus pada program strategis kementerian dengan mengelola individu pegawai, termasuk pengelolaan pengetahuan untuk pencapaian karakter unggul di bidang hukum dan HAM.

“Kemenkumham CorpU adalah satu tindakan konkret yang harus diwujudkan, dalam rangka pembangunan SDM unggul. Kemenkumham CorpU harus up to date, based on information technology, dan mampu menjawab isu-isu strategis yang ada,” jelas Haris.

Untuk diketahui, selain dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada satker berprestasi, dalam kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) Kanwil Kemenkum HAM NTB. (djr)

What do you think?