in

Produk UMKM di Even MotoGP 2021 Mandalika Wajib Kantongi Sertifikat Halal

Ketua Pelaksana LPPOM MUI NTB Hj. Rauhun, S.E.

TITIKMEDIA – Menyongsong even MotoGP 2021 yang akan telah dipastikan terhelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), diharapkan dapat dijadikan peluang meraih keuntungan secara ekonomi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di NTB. Namun demikian, guna peningkatan kualitas dan memperkuat band produk UMKM lokal atau daerah, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi NTB, mensyaratkan produk UMKM mengantongi sertifikat halal.

Hal itu ditegaskan Ketua Pelaksana LPPOM MUI NTB Hj. Rauhun, S.E., Kamis (10/9), dimana menegaskan bahwa pihaknya siap melakukan pembinaan dan pelatihan bagi para pelaku UMKM NTB, untuk mendapatkan sertifikasi halal.

“LP-POM MUI adalah satu-satunya Lembaga Sertifikasi Halal terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional, red), dan telah mendapatkan penetapan sebagai lembaga yang melakukan kegiatan pemeriksaan halal, dengan SK Nomor: 177 Tahun 2019 Kepala Badan Pelaksana Jaminan Produk Halal (BP BJH),” sebutnya.

“Jadi, kami siap melakukan proses pemeriksaan halal terhadap pelaku UMKM NTB khususnya, dalam rangka mendukung NTB sebagai tuan rumah gelaran MotoGP di Mandalika,” tandasnya.

Dikatakan, LPPOM MUI memiliki auditor yang berkompetensi menjamin standar mutu pelaksanaan pemeriksaan halal. Dimana standar tersebut mengacu pada sebelas kriteria HAS (Halal Assurance System, red) 23.000, yang merupakan sistem jaminan halal 23.000 LPPOM MUI.

“LPPOM MUI adalah satu-satunya lembaga pemeriksa halal yang memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor: 33 Tahun 2014, dan juga Peraturan Pemerintah Nomor: 31 Tahun 2019 tentang Jaminan Produk Halal,” tegasnya. (wil)

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0