in

Pembangunan Pasar Tradisional Sembalun Rampung

Bupati Lombok Timur dan Kepala Disperindag saat meninjai progres pembangunan Pasar Sembalun

TITIKMEDIA – Pembangunan pasar umum di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, yang merupakan pasar tradisional sebagai penyangga perekonomian dan penunjang pariwisata rampung.

Bupati Lombok Timur HM. Sukisman Azmy didampingi Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Sabtu (26/12), saat meninjau langsung progres pembangunan mengatakan, Pasar Sembalun mulai dibangun sejak 13 Oktober, atas kerjasama Kemeterian Pedagangan (Kemendag) RI dengan Disperindag Lombok Timur.

Alhamdulillah, pembangunannya rampung 100 persen. Insya Allah, kita bisa memanfaatkannya pada bulan Januari, sesuai dengan alokasi waktu yang diberikan oleh kementerian,” ungkapnya.

Diketahui, total anggaran pembangun Pasar Sembalun yakni 2,5 milyar dari Dana Tugas Pembantuan (DTP) Kemendag RI.

“Ini kan sumbangan dari Kemendag dan penggunaannya kita minta ijin dulu ke kementerian,” ucapnya.

Namun demikian, lanjutnya, para pedagang diperkenankan untuk memanfaatkan pasar tersebut, sambil menunggu ijin kementerian.

“Silahkan saja dimanfaatkan sambil menunggu ijin yang resmi dari kementerian, tapi kita tidak boleh memungut retribusi sepersenpun dari pedagang, dan kita akan menambah fasilitas lagi,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap agar keberadaan pasar itu dapat menunjang pariwisata, mengingat prospek pariwisata Sembalun sebagai jalur pendakian Gunung Rinjani sangat menjanjikan.

“Saya berharap pasar ini tidak pada hari minggu saja, supaya pekonomian terus bergerak,” ujarnya. (Ros)

What do you think?