in

Universitas Mataram Teken MoU dengan PT. Charoen Pokphand Indonesia

Rektor Universitas Mataram saat menandatangani MoU kerjasama dengan PT. Charoen Pokphand Indonesia

TITIKMEDIA – Setelah pada September 2020 lalu sukses menjalin kerjasama dengan beberapa pelaku usaha dan industri, Kamis (28/1), Universitas Mataram kembali menandatangani Memorandum of Understanding atau MoU dengan PT. Charoen Pokphand Indonesia (CPI).

Rektor Unram Prof.Dr. Lalu Husni, S.H., M.Hum. mengungkapkan, jalinan kerjasama dan atau kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), menunjukkan komitmen Unram dalam menjalankan kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

“Kerjasama dengan DUDI menjadi sangat penting, dalam mensukseskan implementasi kebijakan MBKM, mengingat mahasiswa akan melaksanakan kegiatan magang ataupun PKL (Praktek Kerja Lapangan, red),” ungkapnya.

Melalui penandatangan MoU tersebut, Rektor Unram berharap PT. CPI berkenan menerima mahasiswa Fakultas Peternakan Unram, untuk melaksanakan kegiatan magang.

“Kami juga berharap, mudah-mudahan ke depan alokasi penerima beasiswa semakin banyak,” ucapnya.

Dikatakan, walaupun Unram telah memiliki laboratorium praktek kerja peternakan, yang memproduksi ayam broiler (ayam potong), namun jalinan kerjasama dengan PT. CPI juga penting dilakukan.

“Lab ini merupakan tempat magang mahasiswa juga dan semoga melalui kerjasama ini, PT Charoen Pokphand bisa membantu kami untuk mengembangkannya menjadi peternakan close house,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Jenderal (Sekjen) PT. CPI Magdalena Siadari menjelaskan, CPI merupakan perusaahan agrobisnis yang bergerak di bidang pakan ternak. Dimana perusahaan itu juga memiliki berbagai program, diantaranya pembibitan dan budidaya ayam pedaging.

“Charoen Pokphand Foundation Indonesia memiliki banyak program, terutama untuk dunia pendidikan seperti program teaching farm (taman edukasi, red),” ungkapnya.

Dikatakan, MoU yang terjalin dengan Unram sebagai salah satu bentuk penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR), yakni pemberian beasiswa yang disebut Beasiswa Universitas Charoen Pokphand Foundation Indonesia.

“Ini merupakan MoU ke-15 untuk pemberian beasiswa, dan beasiswanya ditanggung sampai lulus kuliah atau selama empat tahun,” tandasnya.

Magdalena berharap kerjasama yang dijalin mampu membantu pemerintah, dalam mensukseskan program MBKM serta turut berkontribusi dalam memajukan Unram.

“Semoga bisa menjadikan Unram lebih besar lagi,” ucapnya. (red)

What do you think?