in

Unik, Lomba “TikTok Challege” jadi Ajang Edukasi Razia Zebra Rinjani 2020

Personel Lalu Lintas saat melakukan Razia Zebra dengan mengedepankan edukasi

TITIKMEDIA – Razia Zebra Rinjani 2020 yang telah berlangsung sejak 26 Oktober dan direncanakan digelar hingga 8 November mendatang. Berbeda dengan operasi-operasi yang digelar sebelumnya, dengan prioritas dan mengedepankan edukasi keselamatan, Operasi Zebra Rinjani 2020 diisi dengan Lomba TikTok Challenge, mengusung tema Keselamatan Berlalulintas serta Taat Protokol Kesehatan Covid-19.

Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol. Noviar, S.I.K. melalui pesan Whatsapp kepada media, Rabu (28/10), mengungkapkan bahwa mengingat Operasi Zebra Rinjani tahun ini tergelar di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), maka arah kebijakan dalam pelaksanaannya lebih mengedepankan tindakan preemtif dan preventif.

Selain itu, lanjutnya, Operasi Zebra juga diarahkan ke program edukatif dalam bentuk pendidikan masyarakat (dikmas), penyuluhan, talkshow, ngobrol pintar (ngopi) bareng, pemberian bantuan dan bakti sosial seperti pembagian masker gratis, kerja bakti di tempat fasilitas umum, dan lomba-lomba edukasi penyadaran disiplin berlalulintas.

“Telah diadakan Lomba Tik Tok Challenge Zebra Rinjani 2020 dengan tema Keselamatan Berlalulintas serta Taat Protokol Kesehatan Covid-19. Semua Satlantas (Satuan Lalu Lintas, red) juga mengadakan lomba-lomba keselamatan,” ungkapnya.

Menurutnya, segala upaya yang ditempuh dalam Operasi Zebra Rinjani 2020, dimaksudkan untuk semakin meningkatkan kesadaran dalam berlalulintas, tanpa harus melakukan atau menerapkan tilang.

“Ini semua sebagai upaya untuk membudayakan taat aturan berlalulintas, kepada seluruh masyarakat Nusa Tenggara Barat utamanya di kalangan milenial,” katanya.

Dijelaskan, dengan berbagai upaya yang dilakukan tersebut, diharapkan terjadi peningkatan yang signifikan antara kegiatan yang dilakukan dengan dampak positif yang dihasilkan.

“Tingkat kesadaran disiplin masyarakat harus terus ditumbuhkembangkan, dipelihara, dan ditingkatkan. Sampai hari ketiga pelaksanaan Operasi Zebra Rinjani 2020, upaya seperti penyuluhan atau penerangan meningkat ke angka 41,54 persen,” jelasnya.

“Dalam Operasi Zebra Rinjani 2020 ini juga dilaksanakan imbauan, dimana tercatat dilakukan terhadap 3.146 orang di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat. Selain itu, sebanyak 259 kali dilakukan sosialisasi protokol kesehatan Covid-19, dan 195 masker telah dibagikan,” ucapnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto, S.I.K., M.Si. mengimbau kepada segenap warga NTB, agar senantiasa taat aturan berlalulintas dan selalu mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Kami mengimbau agar seluruh masyarakat taat aturan dan taat azas. Semua aturan baik aturan lalu lintas maupun protokol kesehatan Covid-19, tidak lain dan tidak bukan, insya Allah, dimaksudkan untuk menjaga keselamatan masyarakat,” ungkapnya.

“Ingat, jangan hanya karena Operasi Zebra tahun ini tanpa tilang, sehingga tidak taat aturan dalam berkendara. Jangan karena ada petugas baru Anda mengenakan masker, tapi ketika tak melihat petugas Anda melupakan keselamatan diri dan orang lain. Maskerku menjagamu dan maskermu menjagaku,” tutupnya. (red)

What do you think?