in

Kawasan Bukit Anak Dara Sembalun Lawang Dilalap si-Jago Merah

Kawasan Bukit Anak Dara Sembalun Lawang yang dilalap si-jago merah

TITIKMEDIA – Padang savana kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rinjani Timur kembali dilalap si-jago merah. Tiupan angin yang cukup kencang, Jumat (13/11) sekitar pukul 13.30 Wita, menjadikan kobaran api dengan ganas menjilat dan membakar ranting dan pepohonan area Bukit Anak Dara seluas tiga hektar, di Orong Goar Desa Sembalun Lawang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Kapolsek Sembalun Iptu Lalu Panca Warsa mengungkapkan, pihaknya mengetahui adanya kebakaran sekitar pukul 15.00 Wita berkat laporan warga bernama Fadlan, bahwa ada kepulan asap dari arah Bukit Anak Dara. Ia pun bersama 13 personel Polsek Sembalun dan anggota Resort Pengelola Hutan (RPH) Sembalun juga beberapa masyarakat, langsung menuju lokasi untuk melakuakan pemadaman api.

“Lokasi kejadiannya di kawasan KPH Rinjani Timur. Kami bertindak cepat memadamkan api menggunakan alat seadanya bersama anggota RPH Sembalun dan masyarakat,” katanya.

Dikatakan, mengingat kondisi lapangan berupa tebing terjal yang cukup sulit dicapai, sehingga tim gabugan sedikit kesulitan untuk melakukan pemadaman. Hingga berita ini terpublish pada pukul 16.30 Wita, api masih belum dapat dipadamkan.

“Api belum bisa kami padamkan karena waktu mau masuk Maghrib, maka besok kami akan lanjutkan lagi untuk pemadaman apinya,” ucapnya.

Guna mengantisipasi agar api tidak meluas, tim gabungan melakukan antisipasi dengan cara membuat parit.

“Saat ini sebagian berhasil kami padamkan. Adapun yang belum itu di lokasi yang terjal, sehingga membuat anggota tidak bisa menjangkaunya, kami membuat parit agar api tidak menjalar,” ujarnya. (Ros)

Personel dari Polsek Sembalun dan RPH bersama masyarakat berupaya memadamkan api

What do you think?