in

Gempa Tektonik Magnitudo 4,1 di Lombok Barat Terasa Hingga Pulau Dewata

Ilustrasi

TITIKMEDIA – Wilayah Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu (21/10), diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 4,1 magnitudo. Guncangan gempa juga dirasakan di Pulau Dewata, Bali tepatnya di Karangasem.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi, S.Si. melalui keterangan pers-nya mengatakan, hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) episenter gempa terletak pada koordinat 8.80 Lintang Selatan (LS) dan 116,06 Bujur Timur (BT), tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km Barat Daya Lombok Barat.

Disebutkan, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi selatan Bali-Nusa Tenggara, pada kedalaman 95 km dan tidak berpotensi tsunami.

Ardhianto mengatakan bahwa sesuai laporan masyarakat, dampak gempa berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Barat dan Lombok Tengah dengan skala III MMI.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ujarnya.

Selain itu, gempa tersebut juga dirasakan warga Karangasem dengan skala II MMI. Dimana dampak getarannya tidak terlalu kentara dan hanya menggoyang benda-benda atau barang yang tergantung.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” tutur Ardhianto.

Dari hasil monitoring BMKG, hingga pukul 12.05 Wita belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” imbaunya.

Pihaknya juga menegaskan agar masyarakat memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG, melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi baik instagram ataupun twitter @infoBMKG, website https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id. Pun melalui Mobile Apps IOS dan Android: wrs-bmkg atau infobmkg. (tari)

What do you think?

14 points
Upvote Downvote