Kuliah Umum Unram Kupas Tuntas Pemulihan Ekonomi bersama Kemenkue RI

TITIKMEDIA – Mengusung tema Upaya Penjaminan dalam Mengungkit Pemulihan Ekonomi Nasional, Universitas Mataram bersama Kementerian Keuangan RI melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen PPR), Kamis (1/4/2021), mengupas tuntas persoalan pemulihan ekonomi, dalam gelaran Kuliah Umum yang dilaksanakan secara daring.

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, S.H., M.Hum. dalam kesempatannya, mengapresiasi kajian kuliah umum tersebut sebagai penghargaan terhadap PTN terfavorit di Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Ini merupakan sebuah penghargaan bagi Unram, karena acara ini dapat diselenggarakan bekerja sama dengan Unram, walaupun secara daring,” ucap Prof. Husni.

Menurut Prof Husni, tema dalam kuliah umum itu sangat relevan dengan pemulihan ekonomi nasional, di tengah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang berpandemi saat ini. Dimana gelaran itu juga dimaksudkan sebagai media edukasi dan penyebaran informasi, terkait peran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam penanganan Covid-19 selanjutnya, pun dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Juga untuk mengetahui lebih detil, mengenai peran instrumen pembiayaan pinjaman dan instrumen pembiayaan lainnya dalam pembangunan, serta bagaimana pengelolaan pembiayaan APBN tersebut dikelola secara bijak, adaptif, dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Dirjen PPR Kemenkeu RI Ir. Iyan Rubiyanto, M.A., dalam paparannya mengatakan, kuliah umum itu merupakan rangkaian Inclusive Festival (InFest) Goes to Campus.

“InFest sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan mewadahi generasi muda Indonesia, untuk mengembangkan diri dan belajar bersama seputar pengelolaan keuangan, untuk mewujudkan literasi keuangan dan investasi yang baik,” ulasnya.

Selain itu, lanjut Iyan, InFest juga menjadi sarana edukasi publik dalam penyebaran informasi, terkait peran pembiayaan APBN dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Mengajak para akademisi untuk berdialog mengenai pengelolaan pembiayaan, sehingga diharapkan bisa mempercepat pemulihan ekonomi,” ujarnya. (djr)

Comments

0 comments

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.