in

Tiba di Lombok, Kabaharkam Polri Tinjau Progres Sirkuit MotoGP Mandalika

Kabaharkam Polri foto bersama di salah satu area lintasan Sirkuit MotoGP Mandalika

TITIKMEDIA – Pembangunan KEK Mandalika merupakan salah satu dari lima program destinasi wisata super prioritas, yang dibangun pemerintah guna menambah daya tarik wisatawan yang dihajatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Demikian diungkapkan Kabaharkam Polri usai meninjau progres pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika, Ahad (8/11), sebagai rangkaian mewakili Kapolri menghadiri Anugerah Awards Kampung Sehat NTB.

Didampingi Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, M.Han., dan Gubernur NTB H. Zulkieflimasyah, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, S.I.K., M.H. mengatakan, penyelenggara MotoGP sendiri telah mengumumkan kalender balapan MotoGP, termasuk Sirkuit Mandalika diproyeksi akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP musim panas musim 2021 mendatang.

“Untuk itu, mohon kepada semua pihak agar mendukung pembangunan ini, karena sebagaimana kita ketahui, ekosistem pariwisata ini sangat luas dan dapat memberikan kesejahteraan untuk masyarakat setempat,” ungkapnya.

Sementara terkait adanya kendala yang dihadapi PT. ITDC selaku BUMN pengembang kawasan The Mandalika, Kabaharkam mengatakan bahwa sinergi yang dilakukan antara pihak pengembang dan pemerintah daerah, termasuk keterlibatan Polda NTB bersama stakeholdiers lainnya akan mampu memecah semua kebuntuan tersebut.

“Pembangunan KEK di Mandalika sejauh ini berjalan dengan baik. Memang sempat ada kendala pembebasan lahan, namun berkat kerjasama pihak ITDC dengan Polda NTB hal tersebut bisa diatasi,” ujarnya.

“Memang masih ada lima persen yang belum dibebaskan, namun saya yakin ini bisa diselesaikan,” lanjutnya.

Untuk diketahui, saat melakukan peninjauan Sirkuit MotoGP Mandalika tersebut, Kabaharkam Polri dan rombongan diberikan pemaparan terkait kesiapan gelaran even MotoGP, yang rencananya akan dihelat tahun 2021 dan pengamanan lokasi serta proses dan progres pembebasan lahan.

“Saya akan membuat laporan dan akan menyampaikan kepada Kapolri, untuk menambah personel guna memelihara dan meningkatkan keamanan di Provinsi NTB,” tandasnya.

Tampak hadir mendampingi rombongan Kabaharkam Polri, Irwasda dan Pejabat Utama (PJU) Polda NTB diantaranya Direktur Lalu Lintas, Direktur Binmas, Direktur Polairud, Direktur Samapta, Direktur Pamobvit, Kabid Humas, dan Kabid Propam. Turut mendampingi pula PJU Korem 162/WB, Danlanal, Danlanud, dan Sekda NTB. (Bhr)

What do you think?