in

World Cleanup Day 2020, Lombok Barat Fokus Bersih-bersih Destinasi Wisata

Aksi bersih-bersih di Pantai Cemare Lombok Barat dalam peringatan World Cleanup Day 2020

TITIKMEDIA – Ratusan masyarakat Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) dari berbagai elemen, Sabtu (19/9) pagi, melakukan aksi bersih-bersih di puluhan titik destinasi wisata. Aksi yang dipimpin langsung Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid itu, dimaksudkan untuk kebangkitan pariwisata NTB khususnya di Gumi Patut Patut Patju, sekaligus sebagai ajang memperingati World Cleanup Day 2020.

Ditemui di sela aksi bersih-bersih dalam memperingati World Cleanup Day (WCD) 2020 yang terpusat di Pantai Cemara Kecamatan Lembar Selatan, Fauzan Khalid mengungkapkan apresiasi syukur atas keterlibatan dan kepedulian semua kalangan dalam aksi tersebut.

“Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup, secara formal mengambil tempat di Pantai Cemare. Kita melihat hampir ribuan yang turun dari semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah, red), pihak kecamatan, desa, bahkan masyarakat beramai-ramai ikut melakukan pembersihan terhadap Pantai Cemare,” ungkap Fauzan.

Melihat dan memahami luas serta jumlah destinasi wisata yang ada di Lombok Barat, pihaknya sepakat bahwa aksi bersih-bersih tersebut dilakukan tidak cukup satu hari.

“Kegiatan ini tidak akan bisa selesai hari ini saja. Kita tadi sudah diskusi dengan Dinas Pariwisata (Dispar, red) dan Pak Kades, Insya Allah, minggu depan akan dilanjutkan,” ujarnya.

Sementara Kepala Dispar Lombok Barat H. Saiful Akhkam, M.Hum. menyampaikan, kebersihan destinasi wisata merupakan salah satu faktor pendukung kebangkitan pariwisata, terutama dalam masa transisi adaptasi kehidupan baru pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Sampah, terutama sampah plastik adalah musuh pariwisata. Dengan WCD ini kita mengedukasi warga Cemare, agar mereka tidak lagi membuang sampah sembarangan,” katanya.

Dituturkan, pihaknya telah melakukan edukasi bagi warga di Pantai Cemare, sejak beberapa hari yang lalu dengan menggelar kegiatan Revitalisasi Bumi.

“WCD ini diawali dengan Revit Bumi, Minggu lalu. Kita peringati dengan gotong-royong besar-besaran di semua tempat. Di Senggigi ada banyak komunitas yang turun, di Sekotong, di Narmada, dan lainnya,” tuturnya.

“Hasil hari ini, sepertinya kita akan rajin turun mendampingi masyarakat Cemare,” imbuhnya.

Untuk diketahui, WCD merupakan aksi bersih-bersih yang dilakukan serentak dalam satu hari di seluruh dunia, dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi.

Salah satu lokasi aksi bersih-bersih, yakni Pantai Cemare yang berada di Kecamatan Lembar Selatan misalnya, sejak pukul 07.30 Wita ratusan peserta aksi bersih-bersih sudah mulai beraksi mulai dari jembatan hingga area pantai. (rio)

What do you think?

10 points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0