in

Ini Pesan Rektor saat 818 Mahasiswa Unram Diwisuda

Rektor Unram saat mewisuda salah satu wisudawan terbaik secara luring (Foto: Dok. Humas Unram)

TITIKMEDIA – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), tak menghambat Univesitas Mataram atau Unram menggelar wisuda. Sebanyak 818 mahasiswa, Kamis (17/12), mengikuti Wisuda periode Desember 2020.

Dalam wisuda yang digelar secara luring di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat, yang diikuti juga secara daring melalui Zoom di kanal Youtube, Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, S.H., M.Hum. berpesan agar para wisudawan dan wisudawati, mengimplementasikan dan mengamalkan ilmu dan kompetensi yang dimiliki, dalam profesi masing-masing secara profesional dan penuh tanggung jawab.

Guru Besar Ilmu Hukum Unram itu mendorong agar para lulusan bukan lagi mencari kerja, namun harus mampu menjadi pencipta lapangan kerja.

“Lebih-lebih di era milenial ini peluang menciptakan kerja sangat banyak, terutama dengan memanfaatkan teknologi digital dengan ide-ide kreatif dan inovatif,” ungkapnya.

Dibeberkannya hasil riset World Economic Forum (Forum Ekonomi Dunia) tahun 2020, dimana disebutkan 10 kemampuan utama menghadapi era Revolusi Industri 4.0, yang juga sangat relevan dalam menghadapi Society 5.0.

“Saudara-saudara adalah kebanggaan Unram. Jaga nama baik almamater di manapun berada dan bertugas. Saudara sebagai alumni Unram juga harus menjadi agen perubahan bangsa ini dengan bekerja keras, kreatif dan inovatif, dan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan berdisiplin,” katanya.

Terkait Pandemi Covid-19, Rektor Unram kesembilan itu mengatakan, tak ada satupun negara di dunia yang bidang pendidikannya tidak terdampak pandemi, baik negara maju lebih-lebih negara berkembang.

“Karena itu, mau tidak mau belajar secara tatap muka belum bisa dilakukan seperti biasa, termasuk acara wisuda ini dilakukan secara daring, demi menjaga keselamatan jiwa kita bersama dengan menghindari terjadinya kerumunan, sehingga klaster baru Covid-19 dapat dihindari,” jelasnya.

Selain itu, Prof Husni juga membeberkan reputasi Unram di level nasional dan internasional. Dimana dari perangkingan Webometrics per Juli 2020, Unram di level internasional menempati posisi ke-19, dari 2.694 PTN/PTS di Indonesia yang masuk dalam daftar perangkingan.

“Perangkingan di Webometrics sendiri dilakukan oleh Cybermetrics Lab, yang merupakan kelompok penelitian milik CSIC, sebuah badan penelitian publik terbesar di Spanyol,” katanya.

Untuk diketahui, pada wisuda kali ini Unram mewisuda 818 orang yang terdiri dari 35 Magister (S2), 740 orang Sarjana (S1), dan 43 Ahli Madya(A.Md).

Dari jumlah tersebut, 18 orang diantaranya merupakan wisudawan/wisudawati terbaik, yang diwisuda secara luring (langsung) sebagai perwakilan dari masing-masing jenjang. (red)

What do you think?