Universitas Mataram Gelar Kuliah Perdana PPG Daljab Angkatan I

TITIKMEDIA – Pertimbangan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), selalu menjadi pertimbangan Universitas Mataram dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Buktinya, Kuliah Perdana Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Angkatan I,  Jumat (9/4/2021), yang diikuti 137 peserta digelar secara virtual.

“Selamat datang secara daring di kampus Universitas Mataram,” ucap Rektor Unram Prof. Dr. H. Lalu Husni, S.H., M.Hum. saat membuka kegiatan.

Prof. Husni mengungkapkan, tantangan dunia pendidikan dari hari ke hari semakin berat. Meski demikian, pihaknya meyakini bahwa kualitas pendidikan sebagian besar bergantung pada kualitas guru.

“Hasil kajian menunjukkan 60 sampai 70 persen mutu pendidikan ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, pemerintah dari waktu ke waktu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, melalui peningkatan kualitas guru,” jelas Prof Husni yang juga Ketua ISNU itu.

Dikatakan, pemerintah telah membuat regulasi bahwa semua guru, harus berpendidikan minimal Sarjana Strata Satu (S1) dan bersertifikat pendidik. Sehingga setelah menempuh pendidikan S1, guru diharuskan mengikuti program peningkatkan kualitas, misalnya sertifikasi guru melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).

“Meskipun PPG ini dilaksanakan melalui New Model (model baru atau daring, red), saya yakin saudara-saudara mampu mengikutinya dengan baik,” ujarnya.

Sementara Dekan Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan (FKIP) Unram Prof. Dr. H. A. Wahab Jufri, M.Sc., berharap dengan bergabungnya peserta PPG Daljab Angkatan I, sekaligus menjadi bagian dari civitas akademika yang turut mengemban visi fakultas, untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa di manapun mereka bertugas.

“Oleh karenanya, kami sangat mengimbau agar bapak/ibu, dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PPG Daljab  ini dengan tekun dan disiplin,” katanya.

Senada dengan Rektor, pihaknya juga mendorong seluruh peserta agar memanfaatkan kesempatan yang ada, untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, sebagaimana yang diamanatkan oleh pemerintah melalui sertifikasi pendidik.

Sedangkan Kordinator Pelaksana PPG Daljab Angkatan I Dr. Wildan, M.Pd., dalam kesempatannya juga mengimbau kepada seluruh peserta, agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan yang dijadwalkan memakan waktu empat bulan itu.

“Mengingat selepas melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan atau PPL, setiap peserta harus membuat dan mengunggah tiga video pembelajaran, tiga jurnal pembelajaran, dan tiga laporan PPL,” jelasnya. (sz)

Comments

0 comments

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.