Aktif dan Inovatif, Universitas Mataram Diganjar Penghargaan BNPB

TITIKMEDIAUniversitas Mataram diganjar penghargaan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), karena dinilai aktif, konsisten, dan inovatif dalam penanggulangan bencana. Penyerahaan penghargaan secara simbolis dilakukan secara daring, Rabu (10/3/2021), dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana, sekaligus peringatan HUT BNPB.

Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, S.H., M.Hum. atas nama civitas akademika, menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan, mengingat penghargaan itu diberikan untuk kalangan tertentu.

“Pemberian penghargaan ini terbatas hanya kepada UGM, ITB, UI, Universitas Tadulako, Unhas, dan Unram,” katanya.

Terpisah, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja sama dan Sistem Informasi Yusron Saadi, S.T., M.Sc., Ph.D., mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut diberikan melalui Pusat Kajian Pengelolaan Risiko Bencana (PKPRB), karena aktif bekerja sama secara teknis dan non-teknis dengan BNPB.

“Keterlibatan ini kami rasakan sangat penting, apalagi wilayah kita berada di zona cincin api sehingga penting sekali pengembangan penanggulangan bencana tersebut,” ungkap.

“Sudah beberapa kali mengadakan seminar dan workshop, yang melibatkan partisipasi berbagai pihak dari dalam dan luar negeri,” tuturnya.

Yusron menuturkan, Unram telah banyak mendukung BNPB dalam kegiatan penanggulangan bencana, salah satunya pemasangan instrumen peringatan dini tsunami di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Masih banyak kegiatan lainnya, dan kami harapkan dengan keterlibatan ini bisa mengurangi dampak bencana, yang terjadi di Indonesia karena kita berada di zona cincin api,” ujarnya. (djr)

Comments

0 comments

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.