in

Unram Antisipasi Lonjakan Covid-19 dengan kembali Berlakukan WFH

Rektor Universitas Mataram Prof. Dr. Lalu Husni, S.H., M.Hum.

TITIKMEDIA – Lonjakan penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, menjadi atensi dan perhatian serius Universitas Mataram. Guna mengantisipasi hal tersebut, Unram kembali memberlakukan penyesuaian sistem kerja yakni Work From Home atau WFH.

Surat Edaran (SE) Rektor Nomor 477/UN.18/TU/2021 yang mulai berlaku tanggal 19 Januari 2021 tersebut, mengatur tentang penyesuaian sistem kerja dosen dan tenaga kependidikan, dalam upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan Unram.

“Dosen melaksanakan pekerjaan dari rumah (WFH), dengan tetap memperhatikan produktifitas dalam rangka pencapaian target kinerja Universitas Mataram,” bunyi SE tersebut.

Namun demikian, dalam SE yang ditandatangani Rektor Unram Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum. itu juga disebutkan, dosen diperkenankan melaksanakan pekerjaan yang tidak dapat dikerjakan secara WFH.

Disebutkan, pekerjaan yang mengharuskan penyelesaian di kampus atau laboratorium, harus mengantongi persetujuan dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Unram.

Seperti halnya dosen, tenaga pendidikan (tendik) yang pekerjaannya tidak dapat dikerjakan secara WFH dan memerlukan penyelesaian di kantor, maka jumlah tendik yang bertugas diupayakan seminimal mungkin, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat.

“Bilamana ada dosen, tendik, dan mahasiswa yang mengalami gejala Covid-19, agar segera menghubungi Tim Satgas Covid-19 Universitas Mataram,” sebutnya.

Melalui SE tersebut Rektor juga menegaskan, semua sarana kampus seperti Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), baik yang ada di universitas maupun fakultas ditutup.

Tidak itu saja, hal itu juga berlaku untuk asrama mahasiswa, sarana olah raga, kantin serta sarana publik lainnya, yang memungkinkan orang untuk berkumpul di lingkungan kampus.

“Dekan, Ketua Lembaga, Kordinator Prodi, Ketua UPT, dan pimpinan unit lainnya, diharapkan tetap melakukan monitoring produktifitas atau kinerja dosen dan tendik serta unit kerja masing-masing, sesuai sistem kerja yang berlaku,” katanya.

Menurut Rektor kesembilan Unram itu, penyesuaian sistem kerja berlaku mulai tanggal 19 – 30 Januari 2021, dan akan disesuaikan dengan perkembangan penyebaran Covid-19.

“Selama bekerja secara WFH, diimbau kepada seluruh Civitas Akademika Unram, untuk tetap di rumah dan menghindari area publik,” ujarnya. (red)

What do you think?